Minggu, 28 Februari 2016

KEBUGARARAN JASMANI

Konsep Kebugaran jasmani
Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih punya sisa cadangan tenaga untuk melakukan aktifitas yang lain.
Kebugaran ada hubungannya dengan kesehatan karena kesehatan merupakan suatu keadaan sehat, baik secara fisik, mental dan social.
Orang melakukan berbagai aktifitas yang berkaitan dengan olahraga karena ingin mempertahankan kebugaran jasmani. Olah raga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan. Sebagai contoh orang yang terbiasa olah raga yang teratur, ia akan memiliki tingkat kebugaran yang lebih baik bila dibandingkan dengan orang yang tidak biasa berolah raga. Dilihat dari segi fisik . orang yang terbiasa berolah raga wajahnya kelihatan segar dan berseri-seri, sedang orang yang tidak terbiasa berolah raga wajahnya kelihatan kuyu dan malas.
Konsep kebugaran jasmani sekarang dapat dibedakan menjadi dua yaitu kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran yang berkaitan dengan unjuk kerja (performance).
a.       Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan, 
      yaitu kebugaran seseorang yang didukung oleh semua organ tubuhnya yang sehat. Seperti jantungnya yang bagus, paru-paru yang baik dan peredaran darah yang lancer. Lemak tubuh yang ideal, kekuatan otot yang baik dan kelentukan sendi yang bagus. Sehingga dapat melakukan aktifitas keseharian dengan normal tanpa ada gangguan.
b.      Kebugaran yang berkaitan dengan performance, 
      adalah kemampuan seseorang dalam aktifitas tertentu tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Contoh orang yang terbiasa lari 1000 meter tentu tidak akan merasa terlalu capek melakukan lari 1000 meter daripada orang yang tidak terbiasa lari.
Kebugaran menurut performance juga membutuhkan suatu tingkat kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan yang cukup tinggi. Misalnya kesehatan otot yang baik, tenaga otot yang kuat, ketangkasan dan kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar